Fri. May 24th, 2024

Salah satu dari tiga  tri dharma dalam perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. salah satu tujuan pengabdian masyarakat itu sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada sekelompok masyarakat agar mampu mandiri secara ekonomi dan sosial. Perguruan Tinggi atau lebih dikenal dengan nama universitas adalah tempat untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi setelah lulus SMA dan juga tempat para orang-orang pintar dan cerdas atau sering disebut dengan peneliti.

Universitas dinamika yang dulunya disebut stikom surabaya adalah universitas yang berbasis teknologi dan dimasyarakat sangat dikenal dengan kampus yang melahirkan para pakar dibidang teknologi. perlu diketahui universitas dinamika lahir pada tanggal 30 april 1983 dengan nama AKIS (Akademi Komputer dan Informatika Surabaya). Pada tanggal 20 maret 1986 AKIS berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer Surabaya, yang lebih dikenal STIKOM Surabaya. Pada tanggal 29 Juli 2019, Institut bisnis dan informatika STIKOM Surabaya resmi berubah bentuk menjadi UNIVERSITAS DINAMIKA, dengan 3 fakultas yakni Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK).

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di sekitar kota surabaya dan dibagi kedalam 4 kelompok mahasiswa dengan didampingi satu dosen pada masing-masing kelompok.

Kelompok 1 terdiri dari Nico Aurel Hergata sebagai Ketua kelompok, Muhammad Egalingga Zainuri, Muhamad Andy, dan Ayunningtyas, S.Kom., M.MT sebagai Dosen Pendamping dan mitranya adalah SMA Katolik Untung Suropati Krian dengan memberikan Pelatihan Pembuatan Tampilan Web Portofolio Sederhana di SMA Katolik Untung Suropati Krian untuk Menampilkan Pencapaian Prestasi Siswa.

Web portofolio memiliki hubungan yang relevan dengan siswa kelas XII. Web portofolio dapat menjadi alat yang efektif bagi siswa kelas XII untuk memamerkan prestasi, karya, dan pengalaman mereka selama masa sekolah. Dengan web portofolio, siswa dapat membuat profil online yang menampilkan proyek-proyek terbaik mereka, sertifikat yang mereka peroleh, catatan kegiatan ekstrakurikuler, hasil ujian, dan penghargaan lainnya. Hal ini membantu siswa kelas XII dalam membangun citra pribadi yang kuat dan memberikan bukti konkret tentang pencapaian mereka kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti universitas, perusahaan, atau calon employer di masa depan. Oleh karena itu pelatihan Pembuatan Tampilan Web Portofolio Sederhana di SMA Katolik Untung Suropati Krian inidibuat, disini nantinya para siswa diajak untuk mengenal konsep dasar dari web portofolio hingga membuat website portofolio mereka sendiri.

Kelompok 2 terdiri dari Muchammad Nur Fathoni sebagai ketua kelompok, Christian Dwi S., Rhodry Rahadiansyah Achmad B Z., Alwi Shahab, Rakha Hardi Saputra, dan Agus Dwi Churniawan, S.Si., M.Kom. sebagai Dosen Pendamping. Mitra kelompok ini adalah SD Labschool Unesa 1 dengan memberikan Pelatihan Menggunakan Power Point dan Canva.

Selama ini, tenaga pendidik masih menggunakan Microsoft office pada penyimpanan di drive Komputer. Selain itu, siswa-siswi SD Labschool Unesa belum mengetahui pembuatan powerpoint yang nantinya dapat digunakan sebagai media presentasi informasi. Pembuatan power point merupakan salah upaya pengenalan penggunaan teknologi yang mudah, karena dapat dilakukan secara gratis dan mudah bagi pemula.

Kelompok ke 3 terdiri dari Abel Indra sebagai Ketua kelompok, Fredriex Pramana Putra, Bagaskara Gita Dewanta, David Julius Sanjaya, Enrico Richie, dan Slamet, M.T sebagai Dosen Pendamping. Mitra kelompok ini adalah SDN Ploso 3 Surabaya dengan memberikan pelatihan penggunaan canva untuk mendesain presentasi yang menarik.

Pengenalan dan Pelatihan media teknologi informasi yaitu canva ini harus mulai diajarkan kepada siswa sekolah dasar dengan tujuan agar mereka memiliki modal atau pondasi yang kuat untuk mengembangkannya di jenjang selanjutnya. Sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan pengenalan dan kemampuan siswa dalam hal penggunaan teknologi informasi, seperti penggunaan aplikasi canva sebagai sarana untuk memperindah media presentasi bagi siswa.

Kelompok ke 4 terdiri dari Alexander Wibowo sebagai ketua, Yasmin Tresha Larasati, Mayarosa Andini Shabira, Boca Nabyan Dewantara, Benediktus Arion, dan I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, S.T., M.Eng. sebagai Dosen Pendamping. Mitra kelompok ini adalah SMAK St. Stanislaus dengan memberikan Pelatihan untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pemrograman Java.

Peningkatan kompetensi siswa pada SMAK ST. STANISLAUS dilakukan dengan memberikan pelatihan teknologi informasi dalam bidang pemrograman JAVA. Selain itu, tenaga pendidik di SMAK ST. STANISLAUS belum mengetahui tentang pemrograman JAVA yang nantinya dapat digunakan sebagai logika dasar pemrograman yang akan digunakan saat masa kuliah.

Surabaya, 04 Januari 2024
I Gusti Ngurah Alit Widana Putra
Dosen S1 Sistem Informasi Universitas Dinamika Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *