Fri. May 24th, 2024

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam pembentukan pemahaman siswa tentang alam semesta, lingkungan, dan fenomena alamiah lainnya. Pembelajaran IPA memiliki tujuan untuk memahami alam dan segala sesuatu di dalamnya; Mengembangkan keterampilan ilmiah, seperti mengamati, menyelidiki, dan menganalisis; Memupuk rasa ingin tahu dan sikap ilmiah; Dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi masalah dan tantangan di masa depan (Suwartiningsih, 2021).

Pada pelaksanaan pembelajaran IPA sering kali ditemukan permasalahan. Beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA antara lain sebagai berikut. (1) Kurangnya Minat dan Motivasi Siswa. Banyak siswa yang menganggap IPA sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: metode pembelajaran yang kurang menarik karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar; Materi pelajaran yang terlalu abstrak yang disebabkan materi IPA sering kali disajikan dengan cara yang terlalu teoretis dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari; Kurangnya media pembelajaran akibat guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. (2) Kurangnya Pemahaman Konsep. Banyak siswa yang kesulitan memahami konsep IPA. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: metode pembelajaran yang tidak tepat; Materi pelajaran yang terlalu rumit. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA sering kali disajikan dengan cara yang terlalu kompleks dan sulit dipahami; Kurangnya latihan, siswa tidak mendapatkan cukup latihan untuk mengaplikasikan konsep IPA yang telah dipelajari. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan latihan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi terkini (Jufrida et al., 2020) (Safira et al., 2020) (Indrawati & Nurpatri, 2022).

Teknologi telah berkembang pesat dan telah menjadi bagian integral dalam kehidupan manusia (Ariwardhani et al., 2014). Dalam dunia pendidikan, teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (Suprapto, 2012). Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Malang, penerapan teknologi dalam pembelajaran IPA menjadi sebuah inovasi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya motivasi belajar. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat membuat pembelajaran IPA lebih menarik dan interaktif. Melalui penggunaan teknologi siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penggunakan teknologi juga dapat dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar.

Salah satu teknologi media pembelajaran yang digunakan di pada pembelajaran IPA di MTsN 6 Malang adalah Quizizz, sebuah platform digital interaktif yang memungkinkan siswa belajar secara menyenangkan melalui kuis daring. Quizizz adalah platform pembelajaran berbasis gamifikasi. Quizizz adalah platform pembelajaran daring yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan. Guru dapat membuat pertanyaan-pertanyaan, serta menambahkan gambar atau video sebagai bagian dari kuis. Siswa kemudian dapat menjawab kuis tersebut melalui perangkat mereka sendiri, seperti laptop atau smartphone (Al-Jannah et al., 2023).

Gambar 1 Suasana Pembelajaran IPA menggunakan Media Pembelajaran Quizizz

Penerapan media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran IPA dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan menggunakan Quizizz, guru dapat membuat kuis-kuis interaktif yang menarik, serta memberikan umpan balik langsung kepada siswa setelah mereka menjawab pertanyaan. Hal ini memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan bagi siswa.

Penerapan Quizizz dalam pembelajaran IPA di MTsN 6 Malang memberikan berbagai manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Quizizz menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat belajar sambil bermain melalui kuis-kuis yang menarik.
  2. Umpan Balik Secara Langsung. Setelah menjawab setiap pertanyaan, siswa akan langsung mendapatkan umpan balik tentang jawaban yang mereka berikan. Hal ini membantu siswa untuk memahami konsep yang diajarkan secara lebih baik.
  3. Memantau Kemajuan Belajar. Guru dapat melacak kemajuan belajar setiap siswa melalui data yang tercatat dalam platform Quizizz. Dengan demikian, guru dapat memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang membutuhkannya.
  4. Memperkaya Metode Pembelajaran. Penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran IPA merupakan salah satu bentuk inovasi dalam pendidikan di MTsN 6 Malang. Hal ini membuka ruang bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif dan efektif di masa mendatang.
  5. Memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Quizizz membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran.expand_more Pertanyaan-pertanyaan dalam kuis Quizizz dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep IPA dengan lebih baik (Sitorus & Santoso, 2022).
  6. Meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan Quizizz terbukti meningkatkan hasil belajar siswa.Dalam sebuah penelitian, siswa yang belajar menggunakan Quizizz mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan Quizizz (Dharma & Agung, 2021).
  7. Membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Quizizz membuat belajar IPA menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Para siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar.

Meskipun Quizizz memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya, antara lain sebagai berikut.

  1. Ketersediaan perangkat elektronik. Tidak semua siswa bisa mendapatkan izin untuk membawa perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengikuti kuis Quizizz, terutama anak yang tinggal di pondok pesantren. Guru juga perlu mengecek apakah spesifikasi perangkat siswa mendukung untuk penggunaan aplikasi quizizz.
  2. Keterampilan teknologi. Siswa perlu memiliki keterampilan teknologi dasar untuk dapat menggunakan Quizizz, beberapa siswa dapat mengalami kendala kesulitan dalam login.
  3. Ketersediaan kuota dan sinyal koneksi internet. Quizizz memerlukan kuota dan sinyal koneksi internet yang kuat untuk dapat digunakan dengan lancar (Al Haddar & Juliano, 2021).
  4. Konten kuis. Guru perlu memastikan bahwa konten kuis dan Quizizz sesuai dengan materi pelajaran dan tingkat kemampuan siswa serta alokasi waktu yang diperlukan. (Putri & Aisiah, 2021)

Penerapan media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran IPA di MTsN 6 Malang merupakan langkah inovatif yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif. Selain itu, penggunaan Quizizz juga membuka peluang untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif di masa mendatang. Dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan pihak terkait, diharapkan penerapan Quizizz dapat menjadi salah satu upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 6 Malang.

Daftar Rujukan:

  1. Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801.
  2. Al-Jannah, M., Mutia Kahar, M., Hambali, H., & Hasan, H. (2023). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 193–202. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.867
  3. Ariwardhani, C., Rochim, A. F., & Windasari, I. P. (2014). Sistem Informasi Wisata Kuliner di Kota Semarang Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.1.2014.11-15
  4. Dharma, P. K. S., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2).
  5. Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika pembelajaran ipa terpadu (kendala guru dalam pengajaran ipa terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234.
  6. Jufrida, J., Basuki, F. R., Rinaldo, F., & Purnamawati, H. (2020). Analisis permasalahan pembelajaran IPA: studi kasus di SMPN 7 muaro jambi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(1), 50–58.
  7. Putri, N. E., & Aisiah, A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Quizizz di SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Kronologi, 3(4), 336–342.
  8. Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi permasalahan pembelajaran ipa pada siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
  9. Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
  10. Suprapto, -. (2012). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.632
  11. Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Tentang Penulis:

Penulis memiliki nama lengkap Hamim Thohari Mahfudhillah, M.Pd. Penulis merupakan seorang guru IPA di MTsN 6 Malang. Riwayat pendidikan tinggi yang pernah ditempuh penulis yaitu S1-Pendidikan Biologi-Universitas Negeri Malang (2010–2014) dan S2: Pendidikan Biologi-Universitas Negeri Malang (2014–2017). Penulis aktif menulis beberapa buku dan artikel dalam jurnal ilmiah. Beberapa judul buku yang pernah diterbitkan bersama tim penulis yang lain yaitu (1) Pengelolaan Sampah Berbasis 6M Modul Pendukung untuk Sekolah Adiwiyata (2013).  (2) Pedoman Pengembangan Model Kampung Organik (2016). (3) Buku Siswa dan Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII, Kemendikbud (2014-2020). (4) Buku Siswa dan Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX, Kemendikbud (2015-2020). (5)  Buku Maestro Biologi Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 (2019-2022). (6) Buku Maestro Biologi SMA/MA Kelas XI Ilmu-Ilmu Alam Fase F (2023). (7) Ringkasan Materi dan Kumpulan Soal Cerdas Cermat IPA, Global Aksara Pers (2021). Penulis dapat dihubungi melalui email: hamimthoharimahfudhillah@madrasah.kemenag.go.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *