Fri. May 24th, 2024

Pendidikan tinggi telah mengalami perubahan yang signifikan dengan adopsi teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu contoh program inovatif yang menggabungkan teknologi dengan pembelajaran adalah program Undika Futuristic Learning (UFL) di Universitas Dinamika (d.h. Stikom Surabaya). Program ini mengintegrasikan dua metode pembelajaran utama, yaitu Hybrid learning dan Blended learning, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih fleksibel dan efektif bagi mahasiswa. Dukungan penuh dari dosen dalam menyiapkan perangkat ajar dan memfasilitasi pembelajaran online menjadi kunci kesuksesan program UFL.

Salah satu keunggulan utama dari Hybrid learning dalam program UFL adalah fleksibilitas dalam belajar. Mahasiswa dapat mengakses materi pembelajaran dan berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas dari mana saja, asalkan terhubung dengan internet. Hal ini memungkinkan mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu atau lokasi untuk tetap dapat mengikuti perkuliahan dan berpartisipasi secara aktif. Fasilitas ini dapat mengakomodasi gaya belajar yang tidak hanya dibatasi ruang.

Dalam konteks UFL, pembelajaran hybrid telah membuka akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang berada di luar area keberadaan Universitas Dinamika, baik di luar pulau maupun di luat negeri. Dosen di Universitas Dinamika memainkan peran penting dalam menyusun materi pembelajaran yang dapat diakses secara online, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka. Setiap semester dosen dengan antusias mempersiapkan perangkat ajarnya dan menyajikan materi pembelajarannya dalam Brilian. Sehingga sejak awal semester mahasiswa telah dapat melihat apa saja yang akan dipelajari dalam mata kuliah tersebut. Mahasiswa juga dapat melihat kapan mereka akan belajar bersama dosen atau belajar mandiri menggunakan materi pembelajaran yang telah dipersiapkan oleh dosen.

 Pengelolaan kelas secara hybrid merupakan tantangan tersendiri untuk dosen karena terdapat interaksi yang berbeda. Dosen perlu memastikan bahwa interaksi antara mahasiswa yang hadir secara fisik dan online tetap berjalan lancar. Demikian juga dengan penguasaan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran. Dosen perlu memastikan bahwa teknologi yang digunakan untuk kelas hybrid berfungsi dengan baik, dan juga beberapa tantangan lainnya. Sehingga, dosen di Universitas Dinamika juga terus mengembangkan kemampuan diri khususnya untuk dapat mengelola kelas dengan metode Hybrid ini.

Selain itu, Blended learning dalam program UFL memungkinkan mahasiswa untuk belajar kapan saja, bahkan diluar jam kuliah. Dengan adanya akses materi pembelajaran secara online, mahasiswa dapat mempelajari materi tambahan atau mengulang kembali materi yang sulit dipahami di waktu luang mereka. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Dosen di Universitas Dinamika juga aktif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif melalui Blended learning. Mereka menggunakan berbagai media, seperti video pembelajaran, simulasi, dan diskusi online, untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Dalam mendukung kesuksesan program UFL, dosen di Universitas Dinamika berperan sebagai fasilitator pembelajaran. Mereka tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga mempersiapkan materi pembelajaran yang komprehensif dan mudah diakses melalui Learning Management System (LMS) Brilian. Dosen menyiapkan Brilian jauh sebelum perkuliahan dimulai, sehingga mahasiswa sudah memiliki akses ke semua materi pembelajaran yang diperlukan sejak awal semester. Dukungan penuh dosen dalam menyiapkan perangkat ajar tidak hanya mencakup materi kuliah, tetapi juga mencakup pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri. Dosen bekerja sama dengan pihak industri untuk memastikan bahwa materi pembelajaran yang disajikan sesuai dengan tuntutan pasar kerja yang terus berkembang.

Dukungan penuh dosen dalam menyiapkan perangkat ajar dan memfasilitasi pembelajaran online melalui program UFL di Universitas Dinamika adalah langkah positif dalam mendukung kesuksesan mahasiswa di era digital ini. Dengan menggabungkan teknologi dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif, program UFL memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Program UFL di Universitas Dinamika adalah contoh nyata bagaimana pendidikan tinggi dapat mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dukungan penuh dosen dalam menyiapkan perangkat ajar dan memfasilitasi pembelajaran online telah membuka peluang baru bagi mahasiswa untuk belajar dengan cara yang lebih efektif dan fleksibel. Dengan terus mengembangkan program-program inovatif seperti UFL, pendidikan tinggi dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang kompeten dan berdaya saing.

Oleh:
Vivine Nurcahyawati, M.Kom.,OCP.
Dosen S1 Sistem Informasi- Universitas Dinamika Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *