Fri. May 24th, 2024
SUKUK SR 018

SUKUK SR 018

Perkembangan produk keuangan syariah semakin banyak dan semakin beragam untuk menjadi pilihan bagi masyarakat. Jika dahulu ekonomi syariah identik dengan bank syariah dengan produk simpanan dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito. Saat ini produk syariah sudah semakin beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk produk yang bukan sekedar untuk simpanan melainkan sebagai sarana investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. salah satu instrumen yang dapat menjadi pilihan investasi yang mudah dan menguntungkan yaitu intrumen sukuk SR 018 yang ditawarkan oleh pemerintah. Sukuk SR 018 merupakan instrumen investasi dengan prinsip syariah yang diterbitkan oleh pemerintah yang ditawarkan kepada masyarakat luas. dengan berinvestasi melalui intrumen sukuk SR 018 kesempatan memperoleh keuntungan atau imbal hasil yang lebih besar jika dibandingkan sekedar dalam bentuk simpanan dalam bentuk tabungan ataupun deposito.

Secara keuntungan investor yang memilih sukuk SR 018 lebih besar dengan tingkat risiko dan keamanan yang juga terjaga. Penawaran sukuk untuk SR 018 ditawarkan dimulai dari tanggal 3 maret sampai dengan 29 maret 2023. Melalui instrumen sukuk yang dipilih bukan sekedar imbal hasil, melainkan peran dan kontribusi dalam pembangunan negara. Karena dana-dana yang dihimpun oleh pemerintah dari instrumen akan digunakan untuk keperluan pembangunan dan juga pengembangan ekonomi termasuk untuk UMKM. Secara tidak langsung dana yang kita investasikan melalui instrumen sukuk SR 018 ada nilai plus bukan sekedar untuk mencari imbal hasil saja melain juga nilai kontribusi secara bersama dengan para investor.  Instrumen sukuk SR 018 juga cocok menjadi pilihan investasi bagi generasi millennial, dengan nominal investasi yang tidak begitu besar, serta cara investasi yang mudah dan instan sehingga sangat mudah.

 Jika dahulu awal-awal terbitkan instrumen sukuk ritel (SUKRI), calon investor yang hendak investasi mengharuskan datang ke kantor mitra distribusi, misalnya bank kemudian masih harus mengisi form secara manual, lalu menunggu untuk konfirmasi keberhasilan transaksi. Nah untuk saaat ini proses pemesanan tidak demikian lagi, tanpa keluar dari rumah dengan modal akses internet yang memadai dapat melakukan transaksi pemesanan untuk investasi. Tidak sulit tidak berat dan hemat waktu atau biasa Bahasa anak millennial sekarang sambil rebahan bisa berinvestasi. Kemudian cocok bagi millennial karena nominal investasi yang ringan, hanya dengan mulai 1 juta rupiah sudah bisa berinvestasi pada instrumen sukuk SR 018 menguntungkan, sesuai prinsip syariah, juga berkontribusi bagi pembangunan. Dengan nominal yang begitu murah, atau mungkin lebih mahal jika dibanding untuk biaya jalan-jalan dan belanja online kaum millennial, termasuk biaya untuk pembeli kuota sekedar untuk bermain games online. Jika dibandingkan dengan dahulu nominal ini sangat murah, dulu jika berinvestasi sukuk itu minimal 5 juta rupiah.

Instrumen sukuk SR 018 sudah sangat pas bagi kaum millennial, dengan nominal ringan, kemudian sambal rebahan bisa dapat cuan tiap bulannya. Kemudian dananya juga mampu memberi mafaat yang lebih banyak. Sukuk SR 018 ini sedikit berbeda karena menawarkan tenor waktu pilihan antara 3 tahun dan 5 tahun.  Secara regulasi produk sukuk ini diatur dalam UU nomor 19 tahun 2008 tentang SBSN, yang artinya lebih dahulu jika dibandingkan dengan UU perbankan syariah nomor 21 tahun 2008. Secara kepatuhan syariah produk instrumen sukuk atau obligasi yang berbasis syariah diatur dalam Fatwa DSN MUI Nomor Fatwa No. 69/DSN-MUI/VI/2008 tentang SBSN, yang kemudian disempurnakan dengan Fatwa-fatwa lain yang berkaitan dengan sukuk. Sukuk ini berbeda dengan obligasi konvensional, karena instrumen ini bebas dari transaksi yang dilarang, bebas dari Maysir, Gharar, dan Riba (MAGHRIB). Instrumen sukuk juga dapat dijadikan sebagai upaya untuk melatih diri dalam berinvestasi, atau menaikkan level dalam mengelola keuangan, jika biasanya dana yang kita miliki hanya disimpan dalam bentuk tabungan dan deposito dengan keuntungan yang tidak begitu besar, maka dengan berinvestasi pada sukuk SR 018, maka kesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang lebih maksimal.

Banyak keuntungan yang diperoleh dengan memilih produk investasi sukuk SR 018, seperti keuntungan secara finansial karena dana yang kita investasikan akan memperoleh imbal hasil yang akan diperoleh setiap bulannya. Keuntungan karena ikut berkontribusi bagi pembangunan negara, banyak bermanfaat bagi masyarakat luas. Keuntungan menjalankan muamalah yang sesuai dengan prinsi syariah, proses mencari keuntungan namun tidak mengabaikan prinsip-prinsip syariah. Risiko dari investasi intrumen sukuk ini juga lebih terjaga jadi tidak perlu terlalu khawatir. Kemudian proses pemesanan yang sangat mudah efisien karena investasi dapat dilakukan secara online. Modal rebahan bisa mendapatkan pendapatan tambahan setiap bulannya. Melalui instrumen sukuk melatih diri untuk dapat mengelola keuangan dengan baik untuk keperluan di masa akan datang.

Penulis: Trimulato
Dosen Prodi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *