Pendidikan adalah salah satu bagian terpenting dari manusia, melalui pendidikan manusia mengalami proses perkembangan baik secara fisik maupun mental untuk menuju hidup yang lebih berkualitas. Pendidikan pada sekolah dasar merupakan pondasi sekolah pertama untuk melanjutkan proses pendidikan berikutnya. Pada sekolah dasar selain membaca dan menulis, setiap siswa juga harus mempelajari berbagai mata pelajaran yang telah disediakan, salah satunya adalah matematika. Matematika merupakan dasar ilmu yang berkaitan dengan pelajaran lain.
Anak-anak ditingkat SD masih sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak matematika. Dikarenakan pada dasarnya anak-anak tingkat SD cenderung lebih mudah memahami suatu hal yang bersifat konkrit atau nyata. Oleh karena itu, agar siswa dapat memahami dan mengerti konsep pembelajaran matematika dengan baik, maka matematika harus dilakukan secara bertahap dan berurutan yaitu mulai dari konsep murni selanjutnya dengan konsep terapan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa serta dilakukan secara berkelanjutan berdasarkan pada pengalaman yang lalu. Pembelajaran dengan menggunakan media juga sangat membantu proses belajar berjalan dengan efektif dan mudah dipahami oleh siswa.
Transformasi pembelajaran digital akan membawa perubahan yang signifikan dalam proses belajar mengajar, mulai dari cara mengajar, media yang digunakan dan suasana lingkungan pembelajaran. Salah satu media teknologi yang memberikan kemudahan bagi pendidik maupun peserta didik adalah PPT (Power Point) interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam materi pelajaran.
Pembelajaran menggunakan media PowerPoint Interaktif
Pada kegiatan mengajar yang dilakukan penulis sebagai mahasiswa KKN Melayu Serumpun Posko 13 Desa Air Masin dengan menggunakan media pembelajaran PPT Interaktif dalam materi pembagian di SDN. Sidodadi, Kec. Seruway, Kab. Aceh Tamiang. Penulis mempersiapkan PPT Interaktif dengan slide yang berisi materi pembagian, pengertian pembagian, cara pembagian, mengenal pembagi, bilangan yang dibagi dan hasil bagi, serta latihan soal berbentuk game edukatif. Dalam proses pembelajaran, peserta didik sangat antusias dalam menyambut penulis yang notabenenya sebagai guru baru dan sebagai guru pengganti sementara dari guru wali kelas. Penulis sangat excited melihat respon peserta didik, ditengah-tengah pembelajaran peserta didik terlihat fokus dan sebagian ada yang kebingungan, kemudian dilanjutkan menjawab soal dengan metode game edukatif yang terdapat di PPT Interaktif sehingga peserta didik bersemangat kembali. Pada hasil akhir pembelajaran tak sedikit peserta didik yang dapat memahami materi yang telah dipelajari. Peserta didik mampu menjawab soal-soal yang diberikan penulis sebagai bentuk latihan.
PPT Interaktif sebagai media teknologi pembelajaran belum sering dilakukan oleh guru matematika. Pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional. Dimana pembelajaran masih berpusat pada guru, guru mengendalikan suasana kelas dan menyajikan materi dengan metode ceramah. Adapun beberapa kelebihan yang disajikan dari media pembelajaran PPT Interaktif, yaitu:
- Visualisasi dengan Gambar: Menggunakan gambar benda-benda luar angkasa, seperti planet, astronot dan lainnya untuk mewakili kelompok yang akan dibagi.
- Animasi Proses Pembagian: Menampilkan animasi langkah demi langkah untuk memperjelas cara menyelesaikan soal pembagian.
- Game edukatif: Membuat game sederhana untuk membangkitkan semangat siswa. Seperti mencocokkan hasil bagi dengan soal atau mengisi bilangan yang hilang.
- Latihan Interaktif: Menyajikan kuis dengan berbagai bentuk soal untuk menguji pemahaman siswa.
Berdasarkan hasil observasi di SDN. Sidodadi mengakui bahwa sedikit demi sedikit guru sudah menggunakan media pembelajaran teknologi yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Guru mengatakan adanya perubahan metode belajar, sebelumnya guru mengajar dengan metode ceramah sekarang sudah mulai dikombinasikan dengan metode baru salah satunya menggunakan media berbasis teknologi. Transformasi ini didukung dengan adanya fasilitas yang sudah mulai dilengkapi, mulai dari infocus, layar proyektor, laptop, kesediaan listrik dan lain sebagainya. Sehingga adanya transformasi pembelajaran di SDN. Sidodadi diharapkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam belajar khususnya dalam pelajaran matematika.
Dengan adanya kesempatan mengajar yang dilakukan penulis semoga memberikan pengaruh yang baik dalam proses pembelajaran matematika di SDN. Sidodadi. Memanfaatkan media teknologi dengan cara yang efektif sehingga peserta didik melek akan perkembangan teknologi dan juga tujuan pembelajaran terpenuhi.
REFERENSI
- R Fadillah, A. (2023). Pengertian Media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research .
- Mutia, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang melalui Animasi Power Point terhadap Siswa Kelas V SDN Parung Panjang . Elementry School.
- Qadariah, E. S. (2022). Alat Peraga Kantong Bilangan dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika pada MAteri Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
- Satriyo Bagus Kurniawan, d. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PPT INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT NEGATIF UNTUK KELAS VI. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas MuriaKudus .
- Siubelan, B. C. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I SD Waikabubak Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika.
- Wiarta, R. I. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha.
Oleh:
Annisatul Ahyar Batubara, Mahasiswa Universitas Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika.
Email : annisatulahyar10@gmail.com
Instagram : anisatulahyar