Fri. Apr 19th, 2024

PEKANBARU- STMIK Amik Riau sebagai perguruan komputer mendukung teknologi immersive yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi immersive yang lagi trend yaitu Augmented Reality (AR). Assemblr Edu merupakan brand 3D Augmented Reality produk anak bangsa Indonesia yang sudah dikenal seluruh negara di dunia yang berpusat di Bandung. Assemblr Edu memiliki ribuan member dan master trainer yang tersebar baik di Indonesia dan dunia. Untuk mengenal lebih jauh tentang Assemblr Edu dapat mengakses : https://id.edu.assemblrworld.com/ dan https://studio.assemblrworld.com/. Caranya gampang silahkan login menggunakan email lalu tersedia fitur-fitur yang sangat easy going dan user Friendly. Assemblr Edu bersifat cloud dan berbasis penyimpanan airtable. Beberapa fitur bisa di publish menjadi share URL, Marker, Embed in webpage dan yang terbaru Canva.

Pada saat ini pembelajaran Augmented Reality hanya di Program Studi Teknologi Informasi semester 5 yang diampu oleh Bapak Yoyon Efendi, M.Kom. pembelajaran digunakan menggunakan Assemblr Edu yang sangat mudah digunakan dengan system Drag and Drop. Hasilnya mahasiswa-mahasiswi sangat antusias belajar dan ber inovasi dengan case study yang menarik. Untuk pemenuhan nilai akhir semester mahasiswa membuat project tim seperti Smart City, New Galaxy, Mini Zoo Bird dan lainnya.

Melihat antusias mahasiswa yang sangat besar dalam mengenal teknologi AR menggunakan Assemblr Edu, akan dibentuk komunitas “ ASSEMBLR EDU SAR” untuk menampung minat bakat khususnya terbatas bagi mahasiswa-mahasiswi lintas program studi seperti Teknik Informatik dan Sistem Informasi. Saat ini sudah mempunyai anggota 83 orang yang akan dilaunching dengan Webinar perdana di pertengahan Februari 2024. Menurut Ketua STMIK Amik Riau, Dr. Lusiana, M.Kom “menyambut baik dibentuk komunitas Assemblr Edu SAR sebagai media dan wadah mahasiswa dalam mengembangkan kreatifitas dan inovasi Augmented Reality STMIK Amik Riau” ujarnya. Semoga STMIK Amik Riau menjadi kampus pertama di Provinsi Riau yang menerapkan teknologi AR sebagai Media Pembelajaran dan Promosi kedepannya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *